Pengaruh Dukungan Teman Sebaya Dan Orientasi Tujuan Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP As-Syarifah Jonggol
DOI:
https://doi.org/10.64624/jpec.v1i1.9Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh Dukungan Teman Sebaya dan Orientasi Tujuan terhadap Motivasi Belajar siswa kelas VIII-A di SMP AS-SYARIFAH JONGGOL. Menggunakan desain kuantitatif eks post facto, penelitian ini melibatkan 33 siswa sebagai sampel yang diambil melalui teknik Consecutive Sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner berbasis skala Likert yang mengukur variabel dukungan teman sebaya, orientasi tujuan, dan motivasi belajar. Uji regresi menunjukkan bahwa baik Dukungan Teman Sebaya maupun Orientasi Tujuan secara signifikan mempengaruhi Motivasi Belajar siswa. Temuan ini menegaskan pentingnya kedua faktor tersebut dalam meningkatkan motivasi belajar. Oleh karena itu, intervensi yang dirancang untuk meningkatkan motivasi belajar siswa harus mempertimbangkan pengembangan orientasi tujuan yang jelas dan menciptakan lingkungan dukungan sosial yang positif. Penelitian ini memberikan wawasan berharga untuk pengembangan program pendidikan yang lebih efektif dan responsif terhadap kebutuhan siswa.
Downloads
References
Ansori. (2015). Siswa. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 3(April), 49–58.
Bandura, A. (1978). Reflections on self-efficacy. Advances in Behaviour Research and Therapy, 1(4), 237–269.
Barus, N. (2017). Perbedaan Penyesuaian Diri Ditinjau Dari Jenis Kelamin Pada Siswa Pondok Pesantren Ullumul Qur’an. 14–58.
Darwati, Y. (2007). Orientasi Tujuan Siswa: Konsep, Teori, dan Riset. Empirisma, 16(1), 42–58.
Firman, Syamsiara Nur, & Moh. Aldi SL.Taim. (2023). Analysis of Student Collaboration Skills in Biology Learning. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 7(1), 82–89. https://doi.org/10.33369/diklabio.7.1.82-89
Hayati, N., & Harianto, F. (2017). Hubungan penggunaan media pembelajaran audio visual dengan minat peserta didik pada pembelajaran pendidikan agama islam di sman 1 bangkinang kota. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 14(2), 160–180.
Ikmal, H., & Sukaeni, W. (2021). Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Multiple Intelligences Di SMAN 1 Kedungpring Lamongan. Kuttab: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 5(1), 34–47.
Juwantara, R. A. (2019). Analisis teori perkembangan kognitif piaget pada tahap anak usia operasional konkret 7-12 tahun dalam pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 27–34.
Kandam, C. V., Shinta, K., & Abadi, M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMP Brawijaya Smart School Malang. Journal of Learning and Technology, 2(2), 85–95.
KUHANA, D. (2023). Pengaruh Self Efficacy Terhadap Adversity Quotient Siswa PKBM Homeschooling Kusalamitra. Skripsi, Program Studi Pendidikan Keagamaan Buddha. Sekolah Tinggi Ilmu Agama Buddha Smaratungga, Boyolali Jawa Tengah. Sekolah Tinggi Ilmu Agama Buddha Smaratungga.
Meyanti, I. G. A. S., Atmadja, N. B., & Pageh, I. M. (2021). Kontribusi Motivasi Belajar, Disiplin Belajar, Dan Sikap Sosial Terhadap Hasil Belajar Ips. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 5(2), 107–116. https://doi.org/10.23887/pips.v5i2.422
Ningsih, R. S. U. (2018). Hubungan Antara Konformitas Kelompok Dengan Perilaku Agresif Pada Siswa di SMP Negeri 39 Medan. Pemutusan Hubungan Kerja, 1, 1–12.
PAEMBONAN, D. Y. (2022). Pengaruh Dukungan Sosial Teman Sebaya Terhadap Fear Of Failure Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Jurusan Psikologi Di Kota Makassar. UNIVERSITAS BOSOWA.
Pratiwi, I. D., & Laksmiwati, H. (2016). Kepercayaan diri dan kemandirian belajar pada siswa sma negeri œx. Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 7(1), 43–49.
Puteri, A. P., & Dewi, D. K. (2021). Hubungan antara kontrol diri dan dukungan sosial dengan motivasi belajar pada mahasiswa psikologi universitas negeri surabaya. Jurnal Penelitian Psikologi, 8(6), 1–13.
Rindu, E. D., & Kurniawan, K. (2021). Hubungan Antara Self-efficacy dengan Motivasi Belajar Menghadapi Ulangan pada Siswa. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 10(1), 42–54.
Sugianto, I., Suryandari, S., & Age, L. D. (2020). Efektivitas model pembelajaran inkuiri terhadap kemandirian belajar siswa di rumah. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 159–170.
Wibowo, H. (2020). Pengantar Teori-teori belajar dan Model-model pembelajaran. Puri cipta media.
Wijaya, N. (2007). Hubungan antara keyakinan diri akademik dengan penyesuaian diri siswa tahun pertama sekolah asrama SMA Pangudi Luhur Van Lith Muntilan. Universitas Diponegoro.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ogy Yan Hesta, Mohamad Yudha Gutara, Oktafiana Kiranida, Rahmadhania Rizanty

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format for any purpose, even commercial purposes.
- Adaptation — mixing, changing, and developing materials for any purpose, even commercial ones.
Under the following terms:
- Attribution — You must give appropriate credit , provide a link to the license, and indicate if changes were made . You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.