Strategi Holistik Bimbingan Konseling untuk Penempatan dan Penyaluran Optimal dalam Karier melalui Integrasi Pendekatan Penilaian Potensi dan Pengembangan Kemampuan
DOI:
https://doi.org/10.64624/jpec.v1i1.10Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi holistik dalam bimbingan konseling karier yang mengintegrasikan pendekatan penilaian potensi dan pengembangan kemampuan, dengan fokus pada penempatan dan penyaluran optimal dalam karier. Metode kualitatif deskriptif digunakan untuk menganalisis literatur akademik yang relevan dalam bidang bimbingan karier, dengan meninjau berbagai studi empiris, teoritis, dan tinjauan literatur. Hasil analisis menunjukkan bahwa integrasi pendekatan penilaian potensi, yang mencakup evaluasi komprehensif terhadap kebutuhan, minat, nilai-nilai, serta keahlian dan keterampilan individu, dan pengembangan kemampuan yang sesuai, memungkinkan praktisi bimbingan karier untuk memberikan layanan yang lebih terarah dan bermakna bagi individu. Strategi holistik ini memungkinkan individu untuk mengidentifikasi jalur karier yang sesuai dengan potensi dan kebutuhan mereka, sambil mengatasi hambatan-hambatan yang mungkin muncul dalam perjalanan karier mereka. Implikasi praktis dari temuan ini termasuk pentingnya pengembangan keterampilan dan pengetahuan praktisi dalam memahami kompleksitas individu dan konteks kehidupan mereka, serta kolaborasi antara praktisi, peneliti, dan pemangku kepentingan lainnya dalam mempromosikan pendekatan holistik dalam bimbingan karier.
Downloads
References
Astuti, D. (2023). Tantangan dan Peluang Integrasi Pendidikan Agama Islam dalam Konteks Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 3(7), 137–149.
El Fiah, R., & Purbaya, A. P. (2017). Penerapan Bimbingan Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di SMP Negeri 12 Kota Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016. KONSELI: Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 3(2), 171–184.
Febrini, D., Amaliah, A., & Niswah, N. (2020). BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH (Praktik di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bengkulu). Samudra Biru.
Harahap, E. S., Azrina, N., & Hasanah, N. A. (2023). Integrasi Nilai-nilai Islami dalam Layanan Bimbingan Karir: Tantangan dan Peluang bagi Konselor Profesional. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(3), 961–975.
Hulawa, D. E. (2021). Literasi Abad 21 Dalam Perspektif Islam dan Implikasinya Terhadap Pembentukan Kompetensi dan Kualitas Karakter Peserta Didik. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Ibrahim, M. B., Sari, F. P., Kharisma, L. P. I., Kertati, I., Artawan, P., Sudipa, I. G. I., Simanihuruk, P., Rusmayadi, G., Muhammadiah, M. ud, & Nursanty, E. (2023). Metode Penelitian Berbagai Bidang Keilmuan (Panduan & Referensi). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Islami, M. J. (2018). Tantangan Dalam Implementasi Strategi Keamanan Siber Nasional Indonesia Ditinjau Dari Penilaian Global Cybersecurity Index. Masyarakat Telematika Dan Informasi: Jurnal Penelitian Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 8(2), 137–144.
Leuwol, N. V., Wula, P., Purba, B., Marzuki, I., Brata, D. P. N., Efendi, M., Masrul, M., Sahri, S., Ahdiyat, M., & Sari, I. N. (2020). Pengembangan Sumber Daya Manusia Perguruan Tinggi. Yayasan Kita Menulis.
Nur ’izi, A., & Shobabiya, M. (2024). Penerapan Bimbingan Konseling Islami di Sekolah Strategi dan Implementasinya di Era Digital. IJM: Indonesian Journal of Multidisciplinary, 2(1), 1–8. https://journal.csspublishing/index.php/ijm
Nuraini, F. (2022). Layanan Bimbingan Karir: Strategi Penguatan Perencanaan Karir bagi Siswa. Assertive: Islamic Counseling Journal, 1(1), 1–13.
Ramadani, S. D. (2021). Implementasi Bimbingan Karir Dengan Pendekatan Trait and Factor Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemilihan Karir Siswa. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.
Sulistyowati, T., & Husda, N. E. (2023). Analisis implementasi strategi pemasaran digital dengan pendekatan model SOSTAC di Universitas Putera Batam. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial Dan Teknologi (SNISTEK), 5, 45–50.
Wibowo, T. Y. I. (2005). PENGARUH KEMITRAAN DAN KOMUNIKASI TERHADAP EFEKTIVITAS SALURAN DISTRIBUSI SERTA IMPLIKASINYA PADA KINERJA PEMASARAN (Studi Kasus pada Distributor Nestle PT. Lima Sempurna Makmur Semarang). Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.
Yusfandaria, Y. (2019). Upaya Mengembangkan Kemampuan Bakat Melalui Layanan Bimbingan Karir dengan Strategi Problem Solving Peserta Didik Kelas X IPS 2 SMA Negeri 18 Palembang. Jurnal Wahana Konseling, 2(1), 60–69
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Yulia Apriyanti, Mohamad Yudha Gutara

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format for any purpose, even commercial purposes.
- Adaptation — mixing, changing, and developing materials for any purpose, even commercial ones.
Under the following terms:
- Attribution — You must give appropriate credit , provide a link to the license, and indicate if changes were made . You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.