Menganalisis Tingkat self-efficacy ditinjau dari Gender dan Fase Capaian Pembelajaran

Authors

  • Arif Sahin Universitas indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.64624/jpec.v1i1.7

Abstract

Self-efficacy merupakan keyakinan individu terhadap kemampuan diri dalam menyelesaikan tugas, berperan penting dalam mempengaruhi kinerja akademik siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat self-efficacy siswa SMA berdasarkan gender dan fase capaian pembelajaran populasi siswa SMA Negeri di Kabupaten Demak, yang melibatkan 635 siswa sebagai sampel. Analisis data yang digunakan adalah analisis Two-Way ANOVA. Hasil analisis menunjukkan bahwa (1)  terdapat perbedaan signifikan dalam tingkat self-efficacy antara siswa laki-laki dan perempuan di mana siswa laki-laki memiliki tingkat self-efficacy yang lebih tinggi dibandingkan siswa perempuan. (2) tidak ditemukan perbedaan signifikan dalam self-efficacy berdasarkan fase capaian pembelajaran  dan  (3) tidak ada interaksi signifikan antara gender dan fase capaian. Temuan ini menegaskan pentingnya self-efficacy dalam konteks pendidikan, serta menunjukkan bahwa gender dapat mempengaruhi keyakinan diri siswa dalam belajar, meskipun fase capaian pembelajaran tidak berpengaruh signifikan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi pendidik dan pengambil kebijakan dalam merancang strategi pembelajaran yang lebih efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bandura, A. (1997). Self-efficacy: the exercise of control 1st edition (pp. 1–604).

Deliviana, E. (2015). Peningkatan Self-Efficacy Peserta Didik Melalui Layanan Konseling Dalam Menghadapi Era Masyarakat Ekonomi Asean.

Kartikarini, R. K., & Purwanti, M. (2022). Gambaran social self-efficacy, self-disclosure, dan status pertemanan pada mahasiswa baru. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia.

Kvedere, L. (2014). Mathematics Self-efficacy, Self-concept and Anxiety Among 9 th Grade Students in Latvia. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 116, 2687–2690. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.636

Lunenburg, F. C. (2011). Goal-Setting Theory of Motivation. 15(1), 1–6.

Pajares, F. (1996). Self-efficacy beliefs and mathematical problem-solving of gifted students. Contemporary Educational Psychology, 21(4), 325–344.

Pajares, F., Britner, S. L., & Valiante, G. (2000). Relation between achievement goals and self-beliefs of middle school students in writing and science. Contemporary Educational Psychology, 25(4), 406–422.

Pajares, F., & Valiante, G. (2001). Gender differences in writing motivation and achievement of middle school students: A function of gender orientation? Contemporary Educational Psychology, 26(3), 366–381.

Roebianto, A. (2020). The Effects of Student’s Attitudes and Self-Efficacy on Science Achievement. Jurnal Pengukuran Psikologi Dan Pendidikan Indonesia (JP3I), 9(1), 1–10. https://doi.org/10.15408/jp3i.v9i1.14490

Sahin, A., & Hesta, O. Y. (2025). Self-Efficacy Sebagai Mediator Antara Phubbing Terhadap Prokrastinasi Akademik Siswa SMA. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(3), 41–48.

Sahin, A., Renatha Ernawati, Rizki Amalia, Raudah Zaimah Dalimunthe, Amalia Rizki Pautina, Sya’ban Maghfur, Dini Chairunnisa, & Ahmad Fasya AlfayyadI. (2024). Self-Efficacy Pada Siswa: Systematic Literatur Review. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(2), 627–639. https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i2.5549

Schwarzer, R., & Jerusalem, M. (1995). General self-efficacy scale (GSE)[Database record]. APA PsycTests. Washington, DC, USA.

Wigfield, A., Pintrich, P., & Eccles, J. (1996). Development between the ages. Handbook of Educational Psychology, 63–84.

Yuliana, E., Simalango, M., Jausal, A. N., & Berawi, K. N. (2022). Hubungan Efikasi Diri Terhadap Tingkat Stres dan Ansietas pada Mahasiswa yang Sedang Menyelesaikan Tugas Akhir Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Lampung Correlation Of Self-Efficiency To Stress And Anxiety Level In Students Who Are Completing Th. Jurnal, Mendula, 12(April 2022), 191–197.

Zimmerman, B. J. (1995). Self-efficacy and educational development. Self-Efficacy in Changing Societies, 1(1), 202–231.

Downloads

Published

2025-03-20

How to Cite

Sahin, A. (2025). Menganalisis Tingkat self-efficacy ditinjau dari Gender dan Fase Capaian Pembelajaran. Journal of Psychology and Education Counseling (JPEC), 1(1). https://doi.org/10.64624/jpec.v1i1.7