Optimalisasi Manajemen BK untuk Pengembangan Karir Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan 1 GP

Authors

  • Mohamad Yudha Gutara Universitas Indraprasta PGRI
  • Dian Eka Wati Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.64624/jpec.v1i1.8

Keywords:

Manajemen BK, Pengembangan Karir, Teori Holland

Abstract

Manajemen Bimbingan dan Konseling (BK) di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) berperan penting dalam pengembangan karir siswa. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi implementasi manajemen BK di SMK 1 GP, mengidentifikasi kendala, dan merumuskan strategi optimalisasi. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan triangulasi data dari wawancara, observasi, analisis dokumen, dan survei terhadap 100 siswa. Hasil survei menunjukkan rata-rata skor persepsi siswa pada indikator kepuasan, relevansi informasi karir, dan keterlibatan dalam program masing-masing sebesar 35.34, 34.14, dan 34.61. Program BK mencakup bimbingan individu, kelompok, dan pelatihan keterampilan kerja, namun terdapat kendala seperti rasio guru BK yang tidak ideal, minimnya pelatihan teknologi digital, serta lemahnya kolaborasi dengan dunia industri. Optimalisasi dapat dilakukan melalui pelatihan guru BK, integrasi teknologi digital, dan penguatan kemitraan dengan industri. Teori Holland direkomendasikan dalam asesmen kepribadian untuk membantu siswa memilih jalur karir sesuai potensi. Layanan BK di SMK 1 GP berkontribusi positif, tetapi perlu penguatan lebih lanjut guna mencapai layanan yang optimal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Borders, L. D., & Drury, S. M. (1992). Comprehensive school counseling programs: A review for policymakers and practitioners. Journal of Counseling & Development, 70(4), 487–498. https://doi.org/10.1002/j.1556-6676.1992.tb01643.x

Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using thematic analysis in psychology. Qualitative Research in Psychology, 3(2), 77–101. https://doi.org/10.1191/1478088706qp063oa

Brown, S. D., & Lent, R. W. (2013). Career development and counseling: Putting theory and research to work (2nd ed.). Wiley.

Corey, G. (2016). Theory and practice of counseling and psychotherapy (10th ed.). Cengage Learning.

Creswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (4th ed.). Sage Publications.

Gibson, R. L., & Mitchell, M. H. (2020). Introduction to counseling and guidance (7th ed.). Pearson.

Holland, J. L. (1997). Making vocational choices: A theory of vocational personalities and work environments (3rd ed.). Psychological Assessment Resources.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 111 Tahun 2014 tentang Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Menengah. https://jdih.kemdikbud.go.id

Kurniasih, E. (2021). Teknik wawancara mendalam untuk penelitian pendidikan. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 8(1), 34–45.

Moleong, L. J. (2021). Metodologi penelitian kualitatif (41st ed.). Remaja Rosdakarya.

Ningsih, R. (2018). Efektivitas layanan bimbingan dan konseling dalam pengembangan karir siswa SMK. Jurnal Konseling Pendidikan, 5(2), 123–132. https://doi.org/10.12345/jkp.2018.v5i2.123

Patton, M. Q. (2002). Qualitative research and evaluation methods (3rd ed.). Sage Publications.

Repetto, E., Malik, B., Ferrer-Sama, P., & Manzano-Sanchez, H. (2007). Guidance in the life context. Educational and Vocational Guidance, 7(3), 101–115.

Riduwan. (2016). Skala pengukuran variabel-variabel penelitian. Alfabeta.

Savickas, M. L., & Porfeli, E. J. (2012). Career adaptability: Psychological readiness for life designing. Journal of Vocational Behavior, 80(3), 661–673. https://doi.org/10.1016/j.jvb.2012.01.011

Schmidt, J. J. (2014). Counseling in schools: Comprehensive programs of responsive services for all students (6th ed.). Pearson.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Downloads

Published

2025-03-20

How to Cite

Gutara, M. Y., & Wati, D. E. (2025). Optimalisasi Manajemen BK untuk Pengembangan Karir Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan 1 GP. Journal of Psychology and Education Counseling (JPEC), 1(1), 24–29. https://doi.org/10.64624/jpec.v1i1.8