Gadget Dan Perubahan Pola Interaksi Sosial Anak Usia Sekolah Dasar (Studi Lapangan Di Kelurahan Pondok Kacang Barat Tangerang Selatan)
DOI:
https://doi.org/10.64624/jeri.v1i3.73Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan gadget terhadap pola interaksi sosial anak usia sekolah dasar di wilayah urban, khususnya di Pondok Kacang, Tangerang Selatan. Fenomena digitalisasi yang kian merambah kehidupan anak-anak telah menggeser pola komunikasi langsung menjadi interaksi berbasis layar, yang berpotensi memengaruhi perkembangan sosial, emosional, dan moral anak. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi lapangan, melibatkan dua orang anak usia sekolah dasar sebagai subjek utama, serta wawancara dengan orang tua dan guru sebagai informan pendukung. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak-anak menggunakan gadget selama 2–3 jam per hari, dengan tujuan dominan untuk hiburan seperti menonton video dan bermain game online. Meskipun sebagian orang tua telah menerapkan kontrol waktu, namun pengawasan konten masih belum optimal. Dampak penggunaan gadget meliputi penurunan intensitas interaksi sosial langsung, kecenderungan meniru perilaku negatif dari media, serta perubahan gaya komunikasi anak. Penelitian ini menegaskan pentingnya peran aktif orang tua dan pendidik dalam mengarahkan penggunaan gadget agar tetap mendukung tumbuh kembang sosial anak secara sehat.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Bintang Kurnia Putra, Ira Agus Sofiana, Surip

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format for any purpose, even commercial purposes.
 - Adaptation — mixing, changing, and developing materials for any purpose, even commercial ones.
 
Under the following terms:
- Attribution — You must give appropriate credit , provide a link to the license, and indicate if changes were made . You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
 - ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
 - No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.
 
						






