Systematic Literature Review: Teman Sebaya terhadap Prediktor Minat Belajar Siswa

Authors

  • Kaisyar Romdon Universitas Indraprasta PGRI
  • Yulianti Universitas Indraprasta PGRI
  • Diah Ayuningtyas Universitas Indraprasta PGRI
  • Dian Renata Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.64624/jeri.v1i3.69

Keywords:

teman sebaya, minat belajar, siswa

Abstract

Pendidikan sangat penting bagi pengembangan individu, dengan minat belajar sebagai kunci keberhasilan. Minat belajar merupakan respons positif terhadap aktivitas belajar. Pada masa remaja, interaksi dengan teman sebaya sangat memengaruhi pembentukan identitas dan minat belajar. Lingkungan teman sebaya dapat menjadi motivator atau penghambat. Oleh karena itu, penting untuk memahami peran teman sebaya dalam menumbuhkan minat belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR). Sebanyak 15 artikel jurnal dan prosiding relevan dari Google Scholar, menggunakan tabel inklusi yang telah ditentukan, diidentifikasi dan dievaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teman sebaya memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat belajar siswa, baik secara langsung maupun tidak langsung melalui mediasi belajar di sekolah. Studi-studi yang diulas menunjukkan bahwa interaksi dan dukungan emosional teman sebaya berkorelasi kuat dengan peningkatan minat belajar, bahkan pada siswa slow learner. Kualitas interaksi teman sebaya memengaruhi sikap siswa terhadap belajar. Maka, menciptakan lingkungan sekolah yang kondusif dan mendorong interaksi positif antar teman sebaya adalah strategi efektif untuk meningkatkan minat belajar siswa.

Downloads

Published

2025-10-21

How to Cite

Romdon, K., Yulianti, Ayuningtyas, D., & Renata, D. (2025). Systematic Literature Review: Teman Sebaya terhadap Prediktor Minat Belajar Siswa. Journal Of Education Research and Inovative, 1(3), 90–103. https://doi.org/10.64624/jeri.v1i3.69