Systematic Literature Review: Teman Sebaya terhadap Prediktor Minat Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.64624/jeri.v1i3.69Keywords:
teman sebaya, minat belajar, siswaAbstract
Pendidikan sangat penting bagi pengembangan individu, dengan minat belajar sebagai kunci keberhasilan. Minat belajar merupakan respons positif terhadap aktivitas belajar. Pada masa remaja, interaksi dengan teman sebaya sangat memengaruhi pembentukan identitas dan minat belajar. Lingkungan teman sebaya dapat menjadi motivator atau penghambat. Oleh karena itu, penting untuk memahami peran teman sebaya dalam menumbuhkan minat belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR). Sebanyak 15 artikel jurnal dan prosiding relevan dari Google Scholar, menggunakan tabel inklusi yang telah ditentukan, diidentifikasi dan dievaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teman sebaya memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat belajar siswa, baik secara langsung maupun tidak langsung melalui mediasi belajar di sekolah. Studi-studi yang diulas menunjukkan bahwa interaksi dan dukungan emosional teman sebaya berkorelasi kuat dengan peningkatan minat belajar, bahkan pada siswa slow learner. Kualitas interaksi teman sebaya memengaruhi sikap siswa terhadap belajar. Maka, menciptakan lingkungan sekolah yang kondusif dan mendorong interaksi positif antar teman sebaya adalah strategi efektif untuk meningkatkan minat belajar siswa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Kaisyar Romdon, Yulianti, Diah Ayuningtyas, Dian Renata

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format for any purpose, even commercial purposes.
 - Adaptation — mixing, changing, and developing materials for any purpose, even commercial ones.
 
Under the following terms:
- Attribution — You must give appropriate credit , provide a link to the license, and indicate if changes were made . You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
 - ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
 - No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.
 
						






