Diagnostik Kesulitan Belajar Siswa Kelas 10 Jurusan Teknik Kimia Industri Di SMKN 1 Gunung Putri
Diagnostik Kesulitan Belajar Siswa Kelas 10 Jurusan Teknik Kimia Industri Di SMKN 1 Gunung Putri
DOI:
https://doi.org/10.64624/jeri.v1i3.58Keywords:
Bimbingan dan Konseling, siswa smk, diagnostik, kesulitan, belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiagnosis kesulitan belajar yang dialami oleh siswa kelas 10 jurusan Teknik Kimia Industri di SMKN 1 Gunung Putri. Kesulitan belajar dipahami sebagai hambatan yang menyebabkan ketimpangan antara hasil belajar dengan potensi siswa. Metode yang digunakan meliputi studi pustaka, observasi, dan wawancara terhadap salah satu siswa yang mengalami hambatan signifikan dalam pembelajaran Kimia. Hasil menunjukkan bahwa faktor penyebab utama berasal dari rendahnya kemampuan berhitung, kurangnya pemahaman terhadap materi, gaya mengajar guru yang tidak sesuai, serta kurangnya manajemen waktu akibat aktivitas ekstrakurikuler. Intervensi yang diberikan mencakup konseling individual, bimbingan belajar, pembelajaran remedial berbasis gaya belajar siswa, serta penguatan kepercayaan diri dan keterampilan komunikasi. Diagnostik ini menunjukkan bahwa pendekatan yang personal, kolaboratif, dan berpusat pada kebutuhan siswa sangat penting dalam menangani kesulitan belajar secara efektif.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nazella Jenita

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format for any purpose, even commercial purposes.
 - Adaptation — mixing, changing, and developing materials for any purpose, even commercial ones.
 
Under the following terms:
- Attribution — You must give appropriate credit , provide a link to the license, and indicate if changes were made . You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
 - ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
 - No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.
 
						






