Komitmen terhadap Sekolah: Perspektif Usia dalam Profesi Guru SD
DOI:
https://doi.org/10.64624/jeri.v1i2.72Keywords:
komitmen guru, sekolah dasar, Komitmen afektif, Komitmen kontinuan, Komitmen normatifAbstract
Komitmen guru terhadap sekolah merupakan salah satu faktor kunci dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang stabil dan berkualitas. Di tengah tuntutan profesionalisme dan dinamika dunia pendidikan, penting untuk memahami sejauh mana guru memiliki keterikatan emosional, loyalitas, dan tanggung jawab terhadap institusi tempat mereka mengabdi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat komitmen guru terhadap sekolah di SD Pesona Palad, Klapanunggal, Bogor, Jawa Barat. Komitmen guru dianalisis melalui tiga dimensi utama, yaitu komitmen afektif, komitmen kontinuan, dan komitmen normatif dengan menggunakan instrument angket adapun Pengujian realibilitas menggunakan Alpha Cronbach dengan Tools SPSS IBM 26. Instrumen dinyatakan reliabel jika koefisien alpha ≥ 0,70. Hasil perhitungan diperoleh koefisien reliabilitas sebesar 0,984 dengan demikian instrumen dapat digunakan untuk melakukan pengukuran variabel Komitmen Terhadap Organisasi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan pengumpulan data melalui angket yang dianalisis menggunakan Microsoft Excel dengan menampilkan hasil boxplot dengan menggambarkan komitmen afektif, komitmen kontinuan dan komitmen normative guru di SD Pesona Palad Klapanunggal Bogor Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif adapun hasil nya menunjukkan adanya variasi dalam ketiga dimensi komitmen tersebut. Sebanyak 50% dari total responden memiliki tingkat komitmen yang sangat tinggi terhadap sekolah. Temuan ini mengindikasikan bahwa setengah dari guru di sekolah tersebut memiliki rasa memiliki yang kuat, keterikatan emosional, loyalitas yang tinggi, serta kecenderungan untuk tetap berada dalam institusi sekolah. Hasil penelitian ini dapat menjadi dasar bagi pihak sekolah dalam merancang program pengembangan profesionalisme guru yang berkelanjutan guna mempertahankan dan meningkatkan komitmen terhadap institusi pendidikan.
Downloads
Published
Versions
- 2025-08-12 (2)
- 2025-08-12 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Solihatun, Djoni Aminudin, Sabrina Dachmiati, Dian Eka Wati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format for any purpose, even commercial purposes.
- Adaptation — mixing, changing, and developing materials for any purpose, even commercial ones.
Under the following terms:
- Attribution — You must give appropriate credit , provide a link to the license, and indicate if changes were made . You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.







