Pemanfaatan Lagu Sebagai Media Penguat Daya Ingat Anak Di Sekolah

Authors

  • Chindy Sulistiani Putri Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.64624/jeri.v1i1.32

Keywords:

Daya ingat, Lagu, Pembelajaran anak, Metode bernyanyi

Abstract

Memori merupakan aspek dari proses pembelajaran anak, terutama pada usia yang dini. Kemampuan untuk mengingat sangat bergantung pada cara anak belajar. Anak-anak akan merasa sulit mengingat mata pelajaran jika cara pembelajarannya membosankan atau tidak menarik. Dalam beberapa situasi, salah satu cara yang bisa membantu anak lebih mudah mengingat adalah dengan menggunakan lagu. Tujuan dari artikel ini adalah untuk mengevaluasi pemanfaatan lagu sebagai media pembelajaran, khususnya bagi anak-anak di sekolah, guna mendukung peningkatan kemampuan ingat mereka. Penelitian ini dilakukan oleh penelitian sastra dan jurnal ilmiah terkait. Penelitian ini menunjukkan bahwa metode vokal, seperti musik, melibatkan unsur emosional dan multisensor yang dapat membantu meningkatkan ingatan dengan cara yang menyenangkan. Lagu mudah diingat dan melibatkan berbagai elemen, sehingga anak-anak bisa belajar secara lebih aktif dan ikut serta. Oleh karena itu, Lagu bisa menjadi strategi pembelajaran alternatif yang efektif untuk meningkatkan ingatan anak -anak, terutama ketika menyangkut materi yang membutuhkan ingatan seperti angka dan materi pembelajaran.

Downloads

Published

2025-04-01

How to Cite

Chindy Sulistiani Putri. (2025). Pemanfaatan Lagu Sebagai Media Penguat Daya Ingat Anak Di Sekolah. Journal Of Education Research and Inovative, 1(1), 25–28. https://doi.org/10.64624/jeri.v1i1.32