Peran Guru Menciptakan Ruang Eksplorasi Minat Bakat Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.64624/jeri.v1i1.21Keywords:
Ruang Eksplorasi, Actualizing Tendency, Client Centered, Fasilitator, Perkembangan Peseta DidikAbstract
Pengembangan minat dan bakat peserta didik merupakan bagian penting dari pendidikan holistik. Dalam hal ini, guru dan guru BK/konselor memiliki peran strategis dalam menciptakan ruang eksplorasi yang mendukung aktualisasi diri siswa. Teori humanistik Carl Rogers menyatakan bahwa setiap individu memiliki kecenderungan untuk berkembang secara alami jika berada dalam lingkungan yang kondusif. Oleh karena itu, guru tidak hanya bertindak sebagai pengajar tetapi juga sebagai fasilitator yang memberikan kebebasan dan dukungan emosional kepada siswa. Di sisi lain, guru BK dapat menerapkan pendekatan client-centered therapy untuk membantu siswa mengeksplorasi minat dan bakatnya tanpa rasa takut dinilai. Pandangan konvergensi dari William Stern turut menjelaskan bahwa perkembangan individu merupakan hasil interaksi antara faktor bawaan, lingkungan, dan tingkat kesiapan. Artikel ini menguraikan bagaimana kombinasi pendekatan humanistik dan konvergensi dapat diterapkan secara praktis di sekolah dasar untuk mendukung pengembangan potensi siswa secara optimal.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Salsabina Aidy Fitriani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format for any purpose, even commercial purposes.
 - Adaptation — mixing, changing, and developing materials for any purpose, even commercial ones.
 
Under the following terms:
- Attribution — You must give appropriate credit , provide a link to the license, and indicate if changes were made . You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
 - ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
 - No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.
 
						
							






